Mahasiswa semester 6 bernama Ali Alfandi mengikuti kegiatan

Kegiatan Seminar Nasional dan Musywarah Wilayah 2 Formatani dilaksanakan di Universitas Majalengka. Kegiatan ini dilaksanakan pada 5 – 8 April 2019. Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa agroteknologi.

Acara tersebut diadakan karena FORMATANI merupakan suatu organisasi yang beranggotakan Mahasiswa Agroteknologi / Agroekoteknologi dari seluruh Universitas Indonesia. organisasi ini menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman yang dapa mengasah kemampuan Mahasiswa Agroteknologi / Agroekoteknologi.

Mahasiswa merupakan harapan perubahan bangsa menjadi bangsa yang lebih maju dan mandiri. Salah satu tolak ukur kemandirian suatu bangsa dapat dilihat dari ketersediaan pangan / sektor pertanian suatu bangsa. Mahasiswa Agroteknologi / Agroekoteknologi sudah semestinya ikut berperan aktif dalam pengembangan pertanian di Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh 53 delegasi dari 11 Universitas yang ada di Wilayah 2 Formatani yang ikut berpartisipasi di kegiatan ini. Pada saat kegiatan Musyawarah Wilayah 2 Formatani disampaikannya LPJ Badan Eksekutif Wilayah 2 periode 2017 – 2019 serta diadakannya pemilihan tuan rumah kegiatan Wilayah periode 2019 – 2021 dan ditentukannya Koordinator Wilayah 2 Periode 2019 – 2021. Dalam kegiatan ini BEM FP Urindo mendelegasikan 1 orang untuk ikut berpartisipasi yakni Ali Al Fandi.

Bentuk kegiatan ini terdiri dari Semiar Nasional, Bazzar, Musyawarah Wilayah dan Field Trip.

1. Seminar Nasional
Kegiatan ini diselenggarakan dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Pertanian Berbasis Inovasi Teknologi Masa Kini”. Seminar ini membahas tentang spesifikasi pertanian dalam mempertanahankan ketahanan pangan Nasional. Pembicara Seminar Nasional berasal dari Kementrian, Pemerintah Daerah, Instansi terkait, Praktisi dan Akademisi. Peserta dalam seminar ini adalah Mahasiswa/I dari setiap Universitas se – Indonesia serta petani yang menjadi sasaran sehingga dapat memberikan ilmu, pengetahuan, wawasan sebagai pelaku dalam bidang pertanian. Tujuan dari Seminar Nasional ini untuk memberikan ilmu dan pengetahuan sehingga dapat menghasilkan sumber daya yang berkualitas dan berkompeten dibidang Agroteknologi / Agroekoteknologi yang memiliki potensi dalam budidaya pertanian yang nantinya dapat membantu kebutuhan pagan di Indonesia. Seminar Nasional dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 April 2019 di Universitas Majalengka.

2. Bazzar
Bazar diisi dengan stand – stand makanan khas Majalengka, produk pertanian, sarana pertanian dan inovasi produk pertanian. Bazzar ini bertujuan untuk meningkatkan minat petani muda untuk berwirausaha di bidang pertanian serta mengenalkan makanan khas Majalengka kepada delegasidari Universitas lain di seluruh Indonesia. Kegiatan bazzar dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 April 2019 di Universitas Majalengka.

3. Musyawarah Wilayah
Musyawarah Wilayah (MUSWIL) merupakan forum musyawarah yang terdapat dalam organisasi FORMATANI khususnya pada wilayah 2 yang pada akhirnya akan ditetapkan coordinator wilayah serta staf bidang. Rapat kerja wilayah 2 mejadi program kerja pada kepengurusan 2019 – 2021 dalam organisasi FORMATANI di wilayah 2.

4. Field trip
Kegiatan field trip bertujuan untuk memperlihatkan, mempromosikan destinasi wisata budaya yang ada di Majalengka baik secara lokal, Regional, Nasional maupun Internasional. Agenda Field trip dilakukan pada tanggal 8 April 2019.

Perwakilan BEM Pertanian Mengikuti Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah 2 Formatani
Translate »